Radioterapi adalah salah satu pengobatan kanker yang paling umum. Nama lain untuk pengobatan radiasi adalah terapi radiasi, radioterapi, iradiasi, dan terapi sinar-X.

Apa itu radioterapi?

Radioterapi adalah gelombang berenergi tinggi untuk menyembuhkan atau merusak sel kanker.

Sel Anda biasanya tumbuh dan membelah untuk membentuk sel baru. Tetapi sel kanker tumbuh dan membelah lebih cepat dari kebanyakan sel normal. Radiasi bekerja dengan membuat kerusakan kecil pada DNA di dalam sel. Istirahat ini mencegah sel kanker tumbuh dan membelah dan menyebabkannya mati. Sel normal terdekat juga dapat dipengaruhi oleh radiasi, tetapi sebagian besar pulih dan kembali bekerja sebagaimana mestinya.

Sementara kemoterapi dan pengobatan lain yang diminum atau disuntikkan biasanya membuat seluruh tubuh terpapar obat pelawan kanker, terapi radiasi biasanya merupakan pengobatan lokal. Artinya, biasanya ditujukan dan hanya memengaruhi bagian tubuh yang membutuhkan perawatan. Perawatan radiasi direncanakan agar dapat merusak sel kanker dengan kerusakan sesedikit mungkin pada sel sehat di sekitarnya.

Beberapa pengobatan radiasi (terapi radiasi sistemik) menggunakan zat radioaktif yang diberikan melalui pembuluh darah atau melalui mulut. Meskipun jenis radiasi ini menyebar ke seluruh tubuh, sebagian besar zat radioaktif terkumpul di area tumor, jadi efeknya masih kecil pada bagian tubuh lainnya.

Siapa yang mendapat terapi radiasi?

Lebih dari separuh penderita kanker mendapatkan terapi radiasi. Terkadang, terapi radiasi adalah satu-satunya tindakan medis yang dibutuhkan dan terkadang digunakan dengan jenis pengobatan lain. Keputusan untuk menggunakan terapi radiasi tergantung pada jenis dan stadium kanker, dan masalah kesehatan lain yang mungkin dialami pasien.

Apa tujuan terapi radiasi?

Sebagian besar jenis terapi radiasi tidak menjangkau semua bagian tubuh, yang berarti tidak membantu dalam mengobati kanker yang telah menyebar ke banyak tempat di dalam tubuh. Meski begitu, terapi radiasi dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis kanker baik sendiri atau dikombinasikan dengan pengobatan lain. Meskipun penting untuk mengingat setiap kanker dan setiap orang berbeda, radiasi sering kali merupakan pengobatan pilihan untuk tujuan berikut.

Untuk menyembuhkan atau mengecilkan kanker stadium awal

Beberapa kanker sangat sensitif terhadap radiasi. Dalam kasus ini, radiasi dapat digunakan dengan untuk membuat kanker menyusut atau hilang. Untuk kanker lainnya, radiasi juga dapat digunakan sebelum operasi atau setelah operasi untuk dapat membantu mencegah kanker datang Kembali.

Untuk kanker tertentu yang dapat disembuhkan dengan radiasi atau pembedahan, radiasi mungkin merupakan pengobatan yang lebih disukai. Ini karena radiasi dapat menyebabkan lebih sedikit kerusakan dan bagian tubuh yang terlibat mungkin lebih mungkin bekerja sebagaimana mestinya setelah perawatan.

Untuk beberapa jenis kanker, radiasi dan kemoterapi atau jenis obat anti kanker lainnya dapat digunakan bersamaan. Obat-obatan tertentu (disebut radiosensitizer) membantu radiasi bekerja lebih baik dengan membuat sel kanker lebih sensitif terhadap radiasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika obat anti kanker dan radiasi diberikan bersama untuk jenis kanker tertentu, mereka dapat saling membantu bekerja lebih baik daripada jika diberikan sendiri. Namun, satu kekurangannya adalah bahwa efek sampingnya sering kali lebih buruk bila diberikan bersamaan.

Untuk menghentikan kanker kembali (berulang) di tempat lain

Kanker dapat menyebar dari tempat asalnya ke bagian tubuh lain. Dokter sering kali berasumsi bahwa beberapa sel kanker mungkin telah menyebar meskipun tidak terlihat pada pemindaian pencitraan seperti CT scan atau MRI. Dalam beberapa kasus, area di mana kanker paling sering menyebar dapat dirawat dengan radiasi untuk membunuh sel kanker sebelum mereka tumbuh menjadi tumor. Misalnya, orang dengan jenis kanker paru-paru tertentu dapat terkena radiasi di kepala, meskipun tidak diketahui ada kanker di sana, karena jenis kanker paru-paru mereka sering menyebar ke otak. Ini dilakukan untuk membantu mencegah kanker menyebar ke kepala bahkan sebelum bisa. Kadang-kadang, radiasi untuk mencegah kanker di masa depan dapat diberikan bersamaan dengan pemberian radiasi untuk mengobati kanker yang sudah ada, terutama jika area penyebaran kanker dekat dengan tumor itu sendiri.

Untuk mengobati gejala yang disebabkan oleh kanker stadium lanjut

Terkadang kanker telah menyebar terlalu banyak untuk disembuhkan. Tetapi beberapa tumor ini masih dapat diobati untuk membuatnya lebih kecil sehingga orang tersebut dapat merasa lebih baik. Radiasi dapat membantu meredakan masalah seperti nyeri, kesulitan menelan atau bernapas, atau penyumbatan usus yang dapat disebabkan oleh kanker stadium lanjut. Ini disebut radiasi paliatif.

By madin